Xiaomi Redmi Note 4G Review




Beberapa waktu yang lalu saya pergi ke sebuah Mall gadget yang di-klaim (katanya sih), terbesar se-asia tenggara. Letaknya di kota Bandung. Mall ini sedang pembangunan gedung tahap ke-2 yang membuatnya menjadi Mall Raksasa Gadget,,hahahaha..

Langsung aja, saat itu saya tertarik dengan Xiaomi Note 4G. Generasi kedua dari Xiaomi Note 3G yang sebelumnya sudah release lebih dulu beberapa waktu yang lalu. Sebelum membelinya, saya melakukan riset terlebih dahulu mengenai banyak hal yang terkait dengan ponsel ini. Seperti yang kita lihat di bawah ini, spesifikasi Xiaomi Note 4G adalah sbb:

GENERAL
2G 3G 4G Network
SIM Yes
BODY
Dimensions 154 x 78.7 x 9.5 mm (6.06 x 3.10 x 0.37 in)

DISPLAY
Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 720 x 1280 pixels, 5.5 inches (~267 ppi pixel density)
Multitouch Yes
- MIUI 5.0

SOUND
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes

MEMORY
Card slot microSD, up to 64 GB
Internal 8 GB, 2 GB RAM

DATA
GPRS Yes
EDGE Yes
Speed TD-SCDMA; LTE
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP, LE
USB microUSB v2.0, USB On-the-go

CAMERA
Primary 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash
Features Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR
Video 1080p@30fps
Secondary 5 MP

FEATURES
OS Android OS, v4.2 (Jelly Bean) upgradeable to 4.4.2 (Kit Kat)
Chipset Qualcomm MSM8928 Snapdragon 400
CPU Quad-core 1.6 GHz Cortex-A7
GPU Adreno 305
Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Radio FM radio
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Java Yes, via Java MIDP emulator

BATTERY
Li-Po 3100 mAh battery

*Sumber: http://www.gsmarena.com/xiaomi_redmi_note_4g-6561.php

Harga berkisar antara 2,2 - 2,4 juta menjadikan ponsel ini dambaan banyak orang untuk dimiliki. Harga di pasar luar negeri itu sekitar $160 dolar amrik. Lebih murah dari yang beredar di Indo. Dan perlu diketahui, tidak seperti ponsel ternama lainnya, Xiaomi Note 4G menyuguhkan spesifikasi ponsel android seharga 3jt-an dengan harga 2jt-an. Bila dilihat materialnya, Xiaomi Note 4G terlihat cukup kokoh dengan layar Gorilla Glass yang terkenal anti scratch itu. Dengan Ram sebesar 2Gb, menjadi mudah bagi para pengguna untuk memainkan game berat seperti Real Racing, Modern Combat, dsb. Memory internal pun cukup lega. Tertera sebesar 8Gb Internal Memory, yang pada kenyataannya skitar 3Gb dipakai untuk sistem bawaan dengan sisa 5Gb untuk aplikasi dan data seperti foto ataupun musik. Tetapi ponsel ini memberikan expansi sebesar 64Gb untuk slot memori eksternalnya, sehingga pengguna ponsel bisa memindahkan seluruh data ke micro SD. 

Untuk konektivitas, Xiaomi Note 4G dibekali teknologi LTE a.k.a 4G dengan kecepatan luar biasa. Masalahnya, di Indonesia sendiri beberapa operator besar seperti Telkomsel, XL, dan Indosat masih melakukan uji coba terhadap jaringan ini. Misalkan jaringan ini sudah mantap untuk dipakai, tidak menutup kemungkinan kecanggihan ponsel akan sangat terasa. Nonton youtube tanpa buffer sekalipun, buka web wus wus wus, dll..ehehehehe. Tapi satu kendala yang dihadapi provider GSM pada khususnya, pengetahuan tentang kecepatan internet masyarakat Indonesia bisa dibilang meningkat signifikan. Dimana-mana sudah banyak internet terpasang; di sekolah, di komplek perumahan, bahkan di pedesaan. Dan hal ini menjadi PR bagi para provider nirkabel di negara kita untuk mereka bisa memperbaiki infrastruktur dan layanan kepada para konsumen. Sekitar satu setengah tahun yang lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk menginjakkan kaki saya ke tanah Malaysia. Saat itu saya memakai jaringan operator Tri dengan menebeng pada operator lokal di sana. Saya kirim pesan ke orang rumah lewat BBM. Saya pikir akan lambat karena dua kali jalan dan nebeng operator Malaysia. Ternyata, tak disangka sangat cepat pesan tersebut sampai ke tujuan. Di sana, saya berada di jaringan EDGE. Tapi serasa memakai jaringan 3G.

Wah sudah kemana-mana ini. Balik lagi ke review. Kamera 13 Mpx Xiaomi Note 4G bisa disamakan dengan ponsel sekelas Samsung sekalipun. Hasilnya cukup bagus, tidak seperti ponsel lokal yang menyuguhkan kamera 13Mpx dengan kualitas seperti 8Mpx. Dan Xiaomi Note 4G disematkan kamera 5Mpx untuk berselfie-ria.

Dari segudang kelebihan yang dipunyai oleh ponsel Xiaomi Note 4G, ada kekurangan dalam ponsel ini. Pengurangan slot Sim Card salah satunya. Terkait dengan jaringan 4G dan kapasitas baterai tentunya, Xiaomi Note 4G menyediakan hanya satu slot Sim Card. Pemakaian jaringan 4G pada Xiaomi Note 4G, akan cukup menguras kapasitas baterai yang ada. Walaupun kapasitasnya 3100mAh, pengguna Xiaomi Note 4G hanya bisa menikmati kurang lebih 4 jam saja dengan pemakaian wajar (internet data nyala terus, bbm dan sosmed secukupnya).

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Xiaomi Redmi Note 4G Review"

Posting Komentar